Wisuda di Unipa, Bupati Ansar Baca Sajak Rendra

By Admin Humas 02 Des 2017, 21:07:52 WIB Pendidikan
Wisuda di Unipa, Bupati Ansar Baca Sajak Rendra

Keterangan: Bupati Sikka Drs Yoseph Ansar Rera (kedua dari kiri), Wakil Bupati Sikka Drs. Paolus Nong Susar (ketiga dari kanan), dan Ketua DPRD Sikka Rafael Raga, SP (kanan) bersaa tiga orang dari lima wisudawan terbaik.


Maumere, Berita Sikka
Aku bertanya :
Apakah gunanya pendidikan
Bila hanya akan membuat seseorang menjadi asing
Di tengah kenyataan persoalannya…???
 
Apakah gunanya pendidikan
Bila hanya mendorong seseorang
Menjadi layang-layang di ibukota
Kikuk pulang ke daerahnya…???
 
Apakah gunanya seseorang
Belajar filsafat, teknologi, ilmu kedokteran, atau apa saja
Ketika ia pulang ke daerahnya, lalu berkata :
“di sini aku merasa asing dan sepi”...
 
Demikian potongan Sajak Seonggok Jagung karya penyair Indonesia, WS Rendra (1935-2009), yang dibacakan Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera, dalam acara wisuda angkatan IX Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere, di Auditorium Unipa, Jl. Kesehatan – Maumere, Sabtu (2/12/2017).
 
“Bagi saya,” kata Bupati Ansar, “Sajak Rendra ini adalah refleksi kritis atas motto Unipa, non scolae sed vitae discimus, kami belajar bukan untuk sekolah, melainkan untuk hidup. Karena setelah mempelajari dan mendalami berbagai ilmu, pengetahuan, dan teknologi, setiap sarjana dituntut untuk mampu menerapkan ilmu dan pengetahuan serta ketrampilannya di tengah masyarakat. Ia tidak boleh merasa asing dengan masyarakat, melainkan menolong mereka.”
 
Apresiasi hadirin disampaikan dalam rupa aplaus terhadap pembacaan sajak dan tafsir kritis Bupati Ansar itu. Unipa Maumere memang mewisuda 447 diploma dan sarjana pada Sabtu 2 Desember 2017 itu. Mereka adalah angkatan ke-IX sejak universitas yang bermoto non scolae sed vitae discimus itu didirikan pada 2005 silam.
 
Bupati Ansar juga menjelaskan bahwa agar bisa hidup, orang harus bekerja. Bekerja apa saja. Sementara lapangan kerja kini tidak banyak tersedia, termasuk di sektor pemerintahan yang sudah sejak 2014 tidak ada rekrutmen CPNS.
 
“Pemerintah Daerah terus-menerus berusaha menciptakan lapangan pekerjaan, namun selalu tidak memadai dengan jumlah angkatan kerja yang bertambah. Namun, kami akan tetap berusaha. Misalnya dengan menggalakkan sektor pariwisata, yang jika kita kelola secara bersama-sama, akan mampu memberikan kesempatan kerja yang tak terbatas…,” urai Ansar.
 
Hadir dalam acara tersebut, Rektor Unipa Ir. Angelinus Vincentius, M.Si beserta segenap Anggota Senat Perguruan Tinggi Unipa; Wakil Bupati Sikka Drs. Paolus Nong Susar; Ketua DPRD Sikka Rafael Raga, SP; Kepala Kejaksaan Negeri Maumere, Azman Tanjung; Komandan LANAL Maumere, Letkol (Marinir) Sumantri; Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Drs. Sabinus Nabu; Dewan Pembina Unipa Drs. Alexander Longginus; Rektor Perdana Unipa, Pater DR. Wilem Djulei Conterius SVD; Rektor Kedua Unipa, Drs. Amandus Embo, M.Ed; Rektor IKIP Muhamadiyah Maumere, H. Rodja Abdul Natsir, SH., M.Pd; Pimpinan ATMI Surakarta Kampus Christo Re Maumere, RD. Richard Muga, Pr; serta berbagai tokoh pendidikan, tokoh umat, tokoh masyarakat, juga orangtua/wali wisudawan.*** (EE)



Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video