Tembok Berlin Waioti Dirobohkan Bupati Roby

By Admin Humas 25 Nov 2018, 00:32:22 WIB Desa dan Kelurahan
Tembok Berlin Waioti Dirobohkan Bupati Roby

Keterangan: Bupati Sikka F. Roberto Diogo merobohkan Tembok Berlin Waioti di RT 42 Kelurahan Waioti Kecamatan Alok Timur, Maumere (jumat, 23/11/2018)


Maumere, Berita Sikka

Tembok pemisah di mana-mana selalu menjadi sumber duka. Ada yang merasa dirugikan, disingkirkan, dikucilkan, dibatasi ruang geraknya. Begitu juga dengan “Tembok Berlin Waioti” yang membatasi akses jalan di Lorong Kaget, RT 42 Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, Maumere.

Tembok itu tidak tinggi. Hanya sekita 80 cm. Terdiri atas empat susun batako. Panjangnya 4 meter. Namun ia dipasang persis di tengah-tengah jalan lorong yang biasa digunakan oleh warga setiap saat. Warga tak bisa berkutik, karena memang itu asset milik pribadi, dibangun di atas tanah pribadi.

“Kalau mau ke jalan besar, kami yang tinggal sebelah atas sini harus putar lewat di orang punya kebun. Pokoknya susah, Pak,” kata Mama Katharina kepada Berita Sikka.

Dirobohkan Jika Roma Menang

“Untungnya, pada saat Pilkada 2018 lalu, sang pemilik berjanji, bahwa ia akan merobohkan tembok itu dan menyerahkan tanahnya untuk kepentingan umum jika paket ROMA (Roberto Diogo dan Romanus Woga) menang pilkada. Sekarang Pak Roby su jadi Bupati, sehingga kami minta Pak Bupati untuk datang tagih janji itu, biar kami warga bisa menggunakan lorong ini,” jelas Pius Site, salah seorang warga RT 42.

Pada Jumat, 23 November 2018, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si berkunjung ke RT 42 Kelurahan Waioti. Dalam kesempatan itulah si pemilik menyerahkan Tembok Berlin-nya untuk dirobohkan.

Drs. Kensius Didimus, berbicara atas nama keluarga pemilik tanah

“Kami keluarga dengan ini memenuhi janji kami, untuk menyerahkan tanah depan rumah kami menjadi lorong milik umum sehingga dapat digunakan warga, sekaligus membuka tembok pagar yang disebut Tembok Berlin itu. Kami hanya minta agar yang lewat dengan motor harus jangan bunyikan kenalpot besar-besar karena itu yang membuat kami bikin tembok di situ,” kata Kensius Didimus mengatasnamakan kerabatnya yang punya tanah dan tembok tersebut, disambut tepuk-tangan meriah dari puluhan warga setempat yang menghadiri acara kula-babong bersama Bupati itu.

Usai pihak keluarga mengungkapkan isi hatinya itu, warga meminta Bupati untuk berkenan merobohkan tembok tersebut.

Maka ditemani Camat Alok Timur Frando da Lopez dan segenap warga, Bupati Roby menuju tembok tersebut. Dengan satu kali ayunan martil, Bupati Sikka ke-10 itu berhasil merobohkan tembok penghalang jalan itu. Aplaus warga mengiringinya.

Jangan Pakai Knalpot Racing

“Saya minta, dengan robohnya Bapak-Ibu punya Tembok Berlin ini, semua masalah akses lorong ini dapat teratasi, sambil kita juga menjaga setiap anak-anak muda kita atau siapa saja untuk tidak menggunakan knalpot racing yang menciptakan bunyi besar, karena hal itu mengganggu semua orang. Bukan cuma pemilik tanah yang baik hati ini.

Selain kenalpot, sumber ribut juga bisa macam-macam. Maka saya menghimbau kita semua agar saling menghormati sesama warga sehingga keharmonisan hidup kita bersama di lingkungan ini dapat tercipta ,” himbau Bupati Roby.

Turut menyaksikan peristiwa itu, Kasdim 1603/Sikka Abdul Kholik; Kapolsek Alok, YH Balla; Plt. Kadis Perikanan Paul Bangkur; Kabag Humas dan Protokol Even Edomeko; Lurah Waioti, Yohanes Maryanto Ressi bersama para Lurah se-Kecamatan Alok Timur; dan puluhan warga Kelurahan Waioti.*** (even)




Video Terkait:


Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video