Raih IPK Tertinggi, Yeremias Lay: ITA DI NORANG, ITA DI NEWANG
Wisuda Angkatan ke-IX Unipa Maumere

By Admin Humas 07 Des 2017, 15:36:42 WIB Pendidikan
Raih IPK Tertinggi, Yeremias Lay: ITA DI NORANG, ITA DI NEWANG

Maumere, Berita Sikka

Dia tidak sekedar lulus. Tapi lulus dengan pujian terbanyak, Summa Cum Laude, karena meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi: 3, 91. Dan ia pun dinobatkan sebagai wisudawan terbaik pertama untuk strata sarjana UNIPA Tahun Akademik 2016/2017. Namanya, Yeremias Lay.

Hal itu diumumkan Ir. Angelinus Vincentius, M.Si.,Rektor Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere, dalam acara Wisuda Sarjana dan Diploma Angkatan IX Tahun Akademik 2016/2017, di auditorium Unipa, Sabtu (2/12/2017). Kata Rektor Angelinus, “Lulusan terbaik tahun 2017 dengan predikat summa cum laude adalah YEREMIAS LAY, dengan IPK 3,91, dari program sarjana, program studi informatika, asal sekolah SMK Yohanes XXIII Maumere.”

Kontan gemuruh aplaus memenuhi auditorium itu. Pun di tenda-tenda depan auditorium, tempat sanak keluarga wisudawan duduk dan menyaksikannya lewat wide screen.

Yeremias Lay, S.Kom, wisudawan terbaik Angkatan IX Unipa Maumere, dengan IPK 3,91

Dalam sambutannya mewakili semua wisudawan, Yeremias mengatakan, “Kelulusan bukanlah akhir, melainkan awal dari perjuangan sesungguhnya. Hari ini kita bangga, bukan hanya karena pencapaian akademis yang kita dapatkan, tetapi karena mulai hari ini kita memperoleh amanah baru untuk menjadi scientist-scientist dan engineer-engineer yang mampu menerapkan ilmu dan teknologi dengan karakter sebagai generasi harapan bangsa,”

Di akhir sambutan, putera almarhum Bapak Yulius Lay dan Ibu Lodya Djara Pa itu memekikkan sepotong frase Nian Tana. “Ita di norang, ita di newang. Mari kita menjadi orang yang berani menggagas, berani berubah, berani berkarya, memenuhi panggilan sebagai Keluarga Besar UNIPA, bersama visi Indonesia Hebat!”

Baca juga: Panen ke-IX, Rektor Angelinus Mewisuda 447 Diploma dan Sarjana UNIPA Maumere

The Best Five

Selain Yeremias, ada juga empat wisudawan terbaik. Mereka menjadi The Best Five untuk Wisuda Angkatan IX Unipa tahun 2017.

Lima Wisudawan Terbaik Angkatan IX Unipa Maumere

Predikat terbaik kedua diraih oleh STEFANIA MEMEN TUPEN, dengan IPK 3,83, program sarjana program studi teknik informatika. Stefania adalah puteri dari Bapak Martinus Mangu Soge dan Mama Maria Johana, asal Desa Timu Tawa Kecamatan Talibura.

Sementara predikat terbaik ketiga didaulatkan kepada FRANSISKA RATNA SARI, dengan IPK 3,82, program sarjana, program studi keperawatan. Siska adalah puteri Bapak Leonardus Osmundus dan Ibu Balbina Marice, dari Natargete, Desa Koting A, Kecamatan Koting.

Rektor Angelinus juga mengumumkan wisudawan terbaik pertama pada program diploma. Peraihnya adalah LUBERTA ONTELINA, program diploma III Keperawatan, dengan IPK 3,65. Ontelina adalah puteri dari Bapak Paulus Pade dan Ibu almarhum Helena Hemu.

Sementara wisudawan terbaik untuk program jalur khusus, program studi akuntansi, jenjang sarjana, diraih oleh LEONARDUS FREDIYANTO MOAT LERING, dengan IPK 3,56. Pria kelahiran Maumere 20 Oktober 1968 ini adalah putera Bapak Urbanus Baba dan Ibu Skolastika Heing. Dia sekarang adalah General Manager Koperasi Kredit Obor Mas Maumere.

Baca juga: Wisuda di Unipa, Bupati Ansar Baca Sajak Rendra

Sebagai bentuk penghargaan, kelima wisudawan terbaik ini mendapat tempat duduk terdepan, berdampingan dengan Tamu dan Undangan. Di antaranya, Bupati Sikka Drs Yoseph Ansar Rera; Wakil Bupati Sikka Drs. Paolus Nong Susar; Ketua DPRD Sikka Rafael Raga, SP; Kepala Kejaksaan Negeri Maumere, Azman Tanjung; Komandan LANAL Maumere, Kolonel (Marinir) Sumantri; Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Drs. Sabinus Nabu; Dewan Pembina Unipa Drs. Alexander Longginus; Rektor Perdana Unipa, Pater DR. Wilem Djulei Conterius SVD; Rektor Kedua Unipa, Drs. Amandus Embo, M.Ed; Rektor IKIP Muhamadiyah Maumere, H. Rodja Abdul Natsir, SH., M.Pd; Pimpinan ATMI Surakarta Kampus Christo Re Maumere, RD. Richard Muga, Pr; serta berbagai tokoh pendidikan, tokoh umat, tokoh masyarakat,

Predikat Akademis

Banyak hadrin bertanya, apa artinya cum laude yang disampaikan Rektor Angelinus. Hasil penelusuran Berita Sikka, Cum Laude berasal dari Bahasa Latin yang berarti dengan pujian. Cum laude adalah predikat yang diberikan pada ujian di perguruan tinggi. Di dunia secara umum, predikat Cum Laude hanya digunakan pada lulusan pascasarjana, tetapi di Indonesia, Amerika Serikat, dan Filipina, gelar ini digunakan pada lulusan sarjana.

Ada beberapa predikat yang termasuk ke dalam Cum Laude seperti magna cum laude yang berarti lulus dengan banyak pujian dan summa cum laude yang artinya lulus dengan pujian terbanyak. Setiap perguruan tinggi memiliki aturan yang jelas dan berbeda-beda mengenai persyaratan bagi lulusan yang berhak mendapatkan predikat Cum Laude.

Secara umum, lulusan yang mendapatkan predikat summa cum laude memiliki Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK 3.80 ke atas, magna cum laude memiliki IPK 3.60 - 3.79, dan cum laude memiliki IPK 3.40 - 3.59.

Namun tidak semua perguruan tinggi memiliki persyaratan yang sama seperti disebutkan di atas. Bahkan pada tahun 2012 lalu, Menteri Pendidikan dan KebudayaanIndonesia, Mohammad Nuh, mewacanakan predikan Cum Laude hanya diberikan kepada lulusan yang dapat melakukan publikasi karya ilmiahnya melalui jurnal dan sebagainya. (Even Edomeko)




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video