Mahasiswa Harus Punya 6 Etika Sukses untuk Memasuki Era Industri 4.0
Ajakan Bupati Roby dalam Kaderisasi GMNI Cabang Sikka

By Admin Humas 26 Mei 2019, 23:20:17 WIB Pendidikan
Mahasiswa Harus Punya 6 Etika Sukses untuk Memasuki Era Industri 4.0

Keterangan: Bupati Sikka F. Roberto Diogo (X) bersama para pengurus dan alumni GMNI Cabang Sikka


Maumere, Berita Sikka

Menolak hidup malas; berdisiplin tinggi; hidup hemat; bisa menabung; giat belajar; dan menjaga kesehatan. Itulah 6 etika sukses yang harus dimiliki setiap pemuda Kabupaten Sikka dalam mengembangkan diri menyongsong masa depan.

Pokok pikiran tersebut dikedepankan oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si, di hadapan puluhan peserta acara Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) dan Konferensi Cabang (Konfercab) VI Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) Cabang Sikka, dengan tema Melahirkan Kader Yang Berkarakter Pancasila, Berlandaskan Ideologi Marhaenisme, di Era Industri 4.0, di Aula Kecamatan Alok, Jl. Litbang 1 Maumere, Kamis (23/5/2019).

“Tiga minggu lalu, kami diundang Bapak Presiden Joko Widodo untuk rapat terbatas di Istana Negara Jakarta. Dalam kesempatan itu, Bapak Presiden mengetengahkan bahwa pada tahun 2045 nanti Indonesia akan genap berusia 100 tahun. Presiden ingin agar pada usia satu abad itu, Indonesia tampil sebagai satu dari empat Negara terbesar dan terunggul di dunia,” papar Bupati Roby, pasangan Wakil Bupati Romanus Woga itu.

6 Etika Sukses

Bupati lalu memaparkan pandangannya tentang bagaimana cara mahasiswa, termasuk GMNI Sikka, menyiapkan diri menghadapi masa depan itu.

“Jika adik-adik sekarang berusia 20 tahun, maka pada tahun 2045 adik-adik akan berusia 45 tahun, usia produktif. Oleh karena itu, persiapan diri sejak sekarang sangat penting,” kata Bupati Roby.

Ia lalu memberikan enam kiat sukses yang disebutnya sebagai Etika Sukses. “Ada enam Etika Sukses yang saya pelajari dari sejarah Jepang, yakni dari Tokugawa pada restorasi Meiji. Keenam etika sukses itu adalah: pertama, menolak hidup malas. Tidak ada orang sukses yang malas. Tidak ada mahasiswa sukses kalau malas belajar, malas kuliah, dan serba malas bikin apa saja.

Kedua, berdisiplin tinggi. Kesuksesan tidak datang kepada orang tanpa disiplin. Pelajarilah kisah sukses tokoh-tokoh hebat. Semuanya berangkat dari disiplin diri yang tinggi.

Ketiga, hidup hemat. Dalam kondisi apa saja kita harus hidup hemat. Jangan foya-foya. Keempat, bisa menabung. Ini sulit bagi bagi mahasiswa, tapi sebenarnya bisa dimulai sejak mahasiswa. Jika orang tua beri uang jajan, tidak semua harus dihabiskan, tapi mulailah mencoba tabung.

Kelima, belajar. Nah ini tugas mahasiswa. Harus belajar keras. Jangan bermalas-malasan. Belajarlah untuk hidup, bukan untuk mendapat nilai. Dan keenam adalah menjaga kesehatan. Nah, ini juga penting untuk mahasiswa. Jangan hobi mete yang tidak perlu. Jangan minum minuman keras hingga overdosis lalu muntah atau onar di mana-mana. Tidak boleh. Justru harus mulai mencintai cara hidup sehat.

“Apa artinya kita kaya, sukses, hebat, tapi sakit melulu? Dan saya sangat yakin, jika 6 etika itu dilaksanakan, kamu pasti akan sukses,” tegas Bupati Roby.

Ajakan Membangun Sikka

Di akhir sambutannya, Bupati Sikka ke-10 itu juga mengajak mahasiswa umumnya, dan GMNI khususnya, untuk ikut serta membangun Kabupaten Sikka.

“Adik-adik bisa ikut membangun dengan menyumbangkan pikiran-pikiran kreatif dan inovatif. Pikiran-pikiran itu tidak jarus diteriakkan di jalan-jalan, tapi bisa disampaikan dalam diskusi-diskusi yang teduh.

“Karena untuk mendengarkan suara Rakyat, Pemda Sikka sudah menyiapkan waktu di setiap tanggal 17 dalam bulan sebagai Hearing Day. Jika tanggal 17 itu tepat hari minggu atau hari libur lainnya, maka carilah tanggal yang berdekatan, 16 atau 18. Datanglah dan mari kita bicara. Di luar tanggal itu pun silahkan datang. Karena saya suka mendengarkan kritikan,” pungkas Bupati Roby.***(edomeko)




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video