Hari Ini Bupati Ende Marsel Petu Dimakamkan, Bupati Sikka: Beliau Selalu Panggil Saya Aji

By Admin Humas 29 Mei 2019, 11:27:01 WIB Kabupaten
Hari Ini Bupati Ende Marsel Petu Dimakamkan, Bupati Sikka: Beliau Selalu Panggil Saya Aji

Keterangan: Dari kanan: Bupati Ende Alm. Ir. Marsel Y.W. Petu; Bupati Sikka F. Roberto Diogo; Menteri Keuangan RI Sri Mulyani; Bupati Lembata Yentji Sunur; Ketua Komisi XI DPR RI Melchias M. Mekeng, dalam kesempatan kunjungan Menteri Keuangan di Maumere pada 25/1/2019


Maumere, Berita Sikka

Duka Ende adalah duka Maumere. Karena Ende dan Maumere, sejak zaman dahulu kala, adalah satu keluarga. Pembagian administratif pemerintahan membuat dua daerah ini menjadi dua kabupaten. Tapi secara hubungan darah, kita satu.

Demikian pernyataan Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si, dalam apel kekuatan ASN pada Senin, 27 Mei 2019, di halaman Sikka Convention Centre (SCC) Maumere.

Aji – Kae

“Dalam pertemuan bersama, baik di tingkat provinsi maupun di level nasional, Pak Bupati Ende almarhum Kae Marselinus Petu ini selalu memilih duduk dekat saya. Itu sudah pasti, dan selalu begitu. Sehingga kalau saya datang duluan di suatu acara, saya akan siapkan satu kursi di samping saya untuk beliau. Begitu juga kalau beliau yang tiba lebih dahulu di suatu acara, beliau akan jaga satu kursi kosong untuk saya,” ungkap Bupati Robby di hadapan ratusan ASN Kabupaten Sikka.

“Beliau juga selalu memanggil saya ‘Aji’,” lanjut Bupati Robby, “Dan saya menyapa beliau sebagai ‘Kae’. Ini karena memang sejak zaman dahulu kala, Ende dan Maumere itu adalah satu keluarga. Pembagian administratif pemerintahan membuat dua daerah ini menjadi dua kabupaten. Tapi secara hubungan darah, kita satu. Maka duka Ende akibat meninggalnya Kae Marsel Petu ini adalah duka Maumere. Duka kita semua.”

Sebagaimana diberitakan, Ir. Marselinus Y.W. Petu, Bupati Ende dua periode (2014-2024), yang baru menjalankan tugasnya selama sebulan lebih untuk periode keduanya ini (2019-2024) meninggal di Kupang, pada Minggu (26/5/2019) dini hari. Ia meninggal saat melaksanakan tugas dinas di ibu kota Provinsi NTT.

 

Bupati Pembangun

Bupati Sikka pasangan Wakil Bupati Romanus Woga itu lantas bercerita bahwa sejak lama dirinya merasa dekat dengan almarhum Ir. Marselinus Y.W. Petu sejak lama.

“Selain karena kami sama-sama alumni SMAK Syuradikara Ende, ada kecocokan di antara kami, terutama tentang gagasan-gagasan membangun daerah, dan juga membangun Flores sebagai satu kesatuan,” kata Bupati Robby.

“Saya ingat,” kata Robby, “Pada tahun 2015, saat final El Tari Memorial Cup di Stadion Samador Maumere, Bupati Marsel hadir langsung menyaksikan Perse Ende berlaga di final kontra Persami Maumere. Dan giliran berikut, Kabupaten Ende dipercaya sebagai tuan rumah.

“Pada saat itu, Kae Marsel mendekati saya, yang kala itu sebagai Ketua Panitia ETMC, dan berdiskusi tentang tantangan dan halangan yang kami alami sebagai panitia. Saya jawab, tantangan yang terbesar adalah cuaca panas tapi kita harus bermain pada jam 2 siang karena takut gelap. Saat itulah Kae Marsel Petu mengatakan akan membangun stadion yang bisa menyelenggarakan pertandingan di malam hari. Sekarang kita lihat Stadion Marilonga yang megah yang bisa menyelenggarakan pertandingan di malam hari.

“Demikian juga ketika berdiskusi tentang pariwisata, kami sepakat untuk membangun Flores sebagai destinasi bersama. Yang kita jual keluar harus WISATA FLORES, bukan lagi wisata Sikka, wisata Maumere, wisata Lembata, wisata Bajawa. Pariwisata kita harus dikenal sebagai WISATA FLORES. Sayang, beliau pergi terlalu cepat sebelum cita-cita kita tercapai.”

Jenazah Almarhum Ir. Marselinus Y.W. Petu akan dimakamkan pada Rabu, 29 Mei 2019, pagi. Untuk itu, Bupati Sikka sudah berangkat ke Ende pada Selasa (28/5/2019) sore, seusai mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGR) Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Sikka di Lekebai.*** (even edomeko)




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video