Gudep SDK Bhaktyarsa Bersihkan Lapangan Kota Baru

By Admin Humas 28 Nov 2018, 07:28:49 WIB Pendidikan
Gudep SDK Bhaktyarsa Bersihkan Lapangan Kota Baru

Keterangan: Murid-murid SDK Bhaktyarsa sedang membersihkan sampah di Lapangan Kotabaru Maumere


Maumere, Berita Sikka

196 murid SDK Bhaktyarsa Maumere membersihkan sampah di Lapangan Umum Kotabaru, Kecamatan Alok Timur, Maumere. Lapangan yang tiap hari ramai digunakan warga sehingga banyak sampahnya itu pun jadi bersih dan elok dipandang.

Aksi bersih-bersih sampah di lapangan tersebut merupakan salah satu dari beberapa program dalam kegiatan Perkemahan Sehari dalam Rangka Pesta Siaga Gudep SDK Bhaktyarsa, yang dilaksanakan pada Sabtu (24/11), yang diikuti oleh 196 siswa dan siswi kelas 2, 3 dan 4, A-B-C.

Salah seorang siswa sedang merapikan kantong sampah

Pendidikan Peduli Lingkungan

“Program dalam kegiatan ini antara lain: menjelajahi alam, melukis, dan membersihkan sampah di tempat umum. Tujuannya adalah mendidik murid-murid kami untuk mandiri berkarya, punya kepekaan terhadap sesama dan juga cinta serta bertanggung jawab terhadap lingkungan ekologis,” jelas Everinus Edison, S.Pd, salah satu pendamping kegiatan tersebut, kepada Berita Sikka.

Fransiskus Polri S.Pd.SD (kiri) dan Everinus Edison, S.Pd, (kanan) dua dari 20 guru pendamping kegiatan

Sebagaimana disaksikan media ini, hampir 200-an siswa-siswi berseragam pramuka dengan wajah bahagia memungut semua sampah, baik organik maupun plastik, yang bertebaran di dalam lapangan, di sisi lapangan, juga di dalam got-got sekitar lapangan. Sampah itu lalu dimasukkan dalam tas keresek merah yang disiapkan para guru, dan selanjutnya diangkut oleh truk sampah. Alhasil, Lapangan yang berada persis di seberang Kantor Bupati Sikka itu tampak bersih dan elok.

“Selain membersihkan lapangan, anak-anak juga membersihkan lingkungan sekolah, agar sekolah menjadi lingkungan yang nyaman dan aman. Selebihnya adalah kegiatan pelatihan ketrampilan kepramukaan,” papar  Guru Edison.

Trampil Hidup Lewat Pramuka

Dan betul. Di dalam kompleks sekolah, le-196 murid itu diajari berbagai ketrampilan kepramukaan di bawah pimpinan Ketua Gudep Fransiskus Polri S.Pd.SD. Mereka berlatih tali-temali, mengevakuasi korban, out bounding, lomba melukis, dan sebagainya.

Para murid berlatih ketrampilan mengevakuasi korban 

Para siswa-siswi pun dijadwalkan untuk tidur siang. Hal yang mungkin jarang mereka lakukan di rumah. Juga ada jadwal makan bersama, hal sederhana yang sesungguhnya mengajarkan kesetia-kawanan dan sensivitas untuk berbagi. Baru pada sore hari, anak-anak itu dijemput orang tuanya.

Tidur siang akan membantu anak-anak menjadi lebih segar dan sehat

Mereka semua dibimbing oleh pak Edison dan Pak Polri bersama 20 guru pendamping, yang bertugas mendidik dan melatih para anak bangsa itu. Di bawah kepemimpinan Sang Kepala Sekolah Sr. Yuliana Nina, S.Sp.S., Pd.SD, sekolah dasar yang beralamat di Jl. Ahmad Yani No. 33, Kecamatan Alok Timur itu menjadi salah satu sekolah dasar terbaik di Nian Tana Sikka.

Apresiasi Orang Tua

Terhadap kegiatan itu, semua anak mengaku senang meskipun capai.

“Aduh, cape sekali. Tapi kami senang. Kami mau setiap hari ada kemping,” kata Celine, salah satu siswi peserta Perkemahan Sehari dalam Rangka Pesta Siaga Gudep SDK Bhaktyarsa itu.

Melatih keharmonisan melalui makan bersama

Sementara orang tua Celine, Ibu Isabela, mengaku ikut senang. “Ya kita senang, Pak, kalo anak-anak merasa senang. Semoga mereka bisa bertumbuh menjadi anak-anak yang cerdas IQ-nya, EQ-nya, dan juga trampil dalam kerja-kerja kecil di rumah dan bertanggung jawab terhadap sesama dan lingkungan,” ujar Ibu Isabela.***

Kontributor & foto: Dede Edd | Editor: Even Edomeko




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video