Bripka Soalihin, Bhabinkatibmas Penyuluh Petani Nebe

By Admin Humas 23 Nov 2018, 00:27:40 WIB Pertanian
Bripka Soalihin, Bhabinkatibmas Penyuluh Petani Nebe

Keterangan: Bripka Soalihin, Bhabinkatibmas Desa Nebe yang sukses mendidik puluhan pemuda menjadi petani bawang yang sukses


Nebe, Berita Sikka

Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Soalihin, namanya. Dia bukan polisi biasa. Di Desa Nebe, tempat dia bertugas, dia membimbing puluhan pemuda desa menjadi petani bawang yang sukses.

“Saya bertugas di sini sudah 10 tahun, sejak 2008, dan membina 30 kelompok tani. Setiap kelompok jumlahnya minimal 10 orang,” kata Soalihin kepada Berita Sikka, di halaman Aula Paroki Maria Bintang Laut Nebe, Kamis (22/11/2018), seusai rangkaian acara peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2018.

Bintara tingkat empat di Kepolisian Republik Indonesia Resort Sikka itu lalu bertutur tentang motivasinya membantu petani.

“Sebagai Bhabinkatibmas, saya ingin punya kegiatan yang bisa membantu warga. Karena ini di desa, maka saya ingin bertani. Lalu saya minta izin komandan. Mula-mula saya menanam padi. Berhasil. Banyak hasilnya. Tapi tahun berikut hasilnya kurang. Sehingga saya ubah tanam bawang merah. Ternyata berhasil melimpah,” kisah petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkatibmas) untuk Desa Nebe, Wailamun, Bangko’or, dan Lewomada, Kecamatan Talibura itu.

Akibat dari keberhasilannya itu, banyak petani yang meminta dia untuk mengajari mereka. “Bapak-Ibu tani di sini minta saya ajari mereka juga. Saya senang, karena memang itu tujuan saya, yakni mau berbuats sesuatu untuk mereka, tapi saya harus bisa berikan teladan dulu,” cerita Bripka Soalihin.

Baca: Hari Pangan Sedunia 2018, Bupati: Kami Akan Ubah Semuanya

Mantan Kapospol Nebe itu lantas fokus untuk mengajari para petani yang menghimpun diri dalam kelompok-kelompok. Jumlahnya ratusan, terbagi atas 30 kelompok, dengan setiap kelompok terdiri dari sekurangnya 10 orang.

“Bibitnya kami datangkan dari Bima. Jika ada penyakit, kami beli obatnya. Dulu kami pesan dari luar. Tapi sekarang sudah bisa beli di Maumere,” tambah Salihin.

Keberhasilan Soalihin merambat ke petani-petani binaannya. Semuanya sukses. Para petani itu pun diundang ikut pameran pada peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2018 di Paroki Maria Bintang Laut Nebe.

Baca: Camat Alfons Naga: Terima Kasih, Pak Polisi Soalihin

Video dokumenter proses karya mereka dipertontonkan kepada peserta kula-babong, yang juga dihadiri Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si.

“Terima kasih, Pak Soalihin. Ini teladan yang baik bagi kita semua, terutama bagi PPL,” kata Bupati Roby.*** (even)




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video