Apel Pertanian Perdana, Bupati Sikka: Jika Petani Sejahtera, Barulah Kabupaten Sikka Sejahtera

By Admin Humas 19 Okt 2018, 17:58:03 WIB Pertanian
Apel Pertanian Perdana, Bupati Sikka: Jika Petani Sejahtera, Barulah Kabupaten Sikka Sejahtera

Keterangan: RP Teleforus Jenti, O


Maumere, Berita Sikka

Hari Rabu 17 Oktober 2018 menjadi istimewa. Karena untuk pertama kalinya diadakan Apel Pertanian yang digabung dengan Apel Kesadaran. Sejumlah petani diundang menjadi peserta. Ada pemberkatan bibit tanaman. Juga sejumlah traktor.

“Hari ini kita laksanakan Apel Kesadaran yang dipadukan dengan Apel Pertanian. Ada bapak dan ibu tani hadir bersama kita. Dan tadi kita juga menyaksikan Pastor memberkati benih tanaman. Semua ini kita lakukan karena mayoritas penduduk kita adalah petani. Yang sebentar lagi memasuki musim tanam. Maka pemerintah wajib memberikan perhatian serius kepada para petani dan pertanian. Karena hanya jika para petani sejahtera, barulah kita bisa bilang Kabupaten Sikka sejahtera,” demikian kata Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si selaku Pembina Upacara yang memberikan amanat di hadapan para peserta apel di Lapangan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Maumere, Rabu 17 Oktober 2018.

Hadir mengikuti apel itu Wakil Bupati Sikka Romanus Woga bersama Forkopimda, yakni Komandan KODIM 1603/Sikka, Letkol Inf Sugeng Prihatin, S.Sos., M.Sc., M.Tr. Hanla; Kalaksa LANAL Maumere, Mayor Laut (PM) Muchsin Wibowo, S.Pd; Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka, dr. Valentinus Sili Tupen, MKM; para Asisten Bupati; para Pimpinan OPD; para perwira dan prajurit TNI dan Polri, serta ASN lingkup Pemkab Sikka dan para petani dari sejumlah daerah.

Pemberkatan Benih

Sebelum menyampaikan amanat, Bupati Robby didampingi Wakil Bupati dan Anggota Forkopimda meninjau kesiapan peralatan pertanian dan benih tanaman, yang disiagakan di sisi Selatan Lapangan Kota Baru.

Dalam kesempatan peninjauan itu, dilakukan juga pemberkatan benih-benih dan peralatan pertanian oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Maumere, RP Teleforus Jenti, O’Carm.

“Ya Allah Bapa Pencipta alam semesta, kami mohon berkatilah bibit-bibit ini, yang akan ditanamkan di kebun para petani di daerah ini. Tumbuhkanlah mereka, jauhkan dari segala penyakit tanaman, sehingga ia bisa berbuah melimpah dan bisa menghidupkan para umat-Mu,” begitu kata-kata doa Pastor Karmelit tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Ir. Henderikus Blasius Sali melalui Sekretaris Dinas Y.E. Satriawan Sadipun, SP, M.Si menjelaskan bahwa anakan yang diberkati terdiri dari beberapa jenis. Yaitu mangga madu, rambutan, sawo, alpukat Ledan Puan, benih padi Ciherang, jagung komposit dan kacang hijau.

“Sementara peralatan yang diberkati Pastor Vikjen adalah traktor roda 4 sebanyak 10 unit, traktor multiguna 1 unit, handtractor 45 unit, rice transplanter 4 unit, mesin panen jagung 1 unit, dan mesin panen padi 1 unit,” jelas Sekdis Satriawan Sadipun.

Satriawan pun menjelaskan bahwa cara pengelolaan traktor tersebut adalah untuk traktor rda 4 disewakan kepada petani untuk membajak, dengan biaya sewa Rp 500 ribu per hari. Dan untuk traktor roda 2 dihibahkan untuk poktan-poktan (kelompok tani).

Tantangan dan Peluang Pertanian

Bupati Robby pun menyampaikan,  ramalan BMKG, bahwa  tidak akan ada hujan dalam 60 hari ke depan. "BMKG sudah bilang begitu. Tetapi tidak masalah. Itu sudah menjadi sesuatu yang biasa di daerah kita dan kita harus sanggup menyesuaikan dengna iklim dan cuaca. Caranya ialah kita membuat mekanisasi pertanian," kata Bupati.

Sambungnya lagi, "Ke depan kita butuh minimal 100 unit traktor, alat berat excavator 10 unit, dan mesin–mesin pemboran air untuk pertanian minimal 5 unit dengan kapasitas 100 meter per detik. Semua itu kita targetkan dapat dipenuhi dalam 3 (tiga) tahun ini.”

“Dengan populasi penduduk Kabupaten Sikka yang 317 ribu jiwa, jelas bahwa kebutuhan pangan kita setiap tahun minimal 46 ribu ton beras. Kita harus memproduksi melebihi itu sehingga ada tambahan nilai ekonomi bukan hanya untuk konsumsi tapi untuk pendapatan rumah tangga. Kita bisa menjadi produsen bahan makanan, paling tidak untuk seluruh kawasan Flores dan Lembata. Kalau kita mau, ini pasti jadi,” tegas Bupati Robby optimis.*** (Jonathan, Lorens, Even)




Video Terkait:


Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video