5 Rumah di Mudung Terancam Longsor

By Admin Humas 30 Nov 2018, 15:20:26 WIB Desa dan Kelurahan
5 Rumah di Mudung Terancam Longsor

Keterangan: MEMANTAU LONGSOR DI DUSUN MUDUNG - Bupati Sikka bersama pimpinan dinas teknis memantau lokasi yang dilaporkan terjadi longsor di Dusun Mudung


Aibura, Berita Sikka

Rumah bertiang bambu itu tampak baik. Tapi jaraknya dengan tebing tanah liat hanya sekitar 50 cm. Di bawah tebing itu terdapat jalan desa yang bisa dilalui mobil, masih darurat. Pada sisi jalanan itu terdapat tebing tanah. Tebing tanah itu kemarin longsor. Longsorannya mengenai sebuah rumah permanen yang terletak di sisi bawah jalan.

“Tidak ada korban jiwa, tetapi kami takut, Pak. Karena kalau hujan agak besar, pasti ini akan longsor. Yang terancam bukan saja mereka di rumah batu itu, tapi juga yang di rumah tiang, dan di bawah rumah batu itu. Di situ ada satu RT, Pak Bupati,” kata Kepala Desa Aibura, Fransisko, kepada Bupati Sikka, di Dusun Mudung, Desa Aibura, Kecamatan Waigete, Kamis (29/11/2018) sore.

Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si berkunjung ke Dusun Mudung, untuk melihat langsung kondisi longsor yang dilaporkan warga pada Kamis (29/11) siang.

“Ini jelas ancaman. Skalanya kecil, tapi memang harus ditangani segera. Karena itu, saya tugaskan Pak Kepala Desa untuk menangani ini, sambil tetap berkoordinasi dengan Camat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial,” terang Bupati Roby.

Hadir mendampingi Bupati Sikka saat itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Constantinus Tupen, S.H.; Kepala BPBD Sikka Drs. Muhamad Daeng Bakir; Kepala Dinas Sosial, Emmy Laka, S.H.; Kasat Pol PP dan Damkar, Yosef Benyamin, S.H.; Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka, Even Edomeko, S.Fil; bersama beberapa Anggota Satpol PP, Anggota Tagana Sikka, dan Staf Humas & Protokol Setda Sikka.

Rombongan menuju Dusun Mudung dengan berjalan kaki menyusuri jalan rabat beton, karena sangat curam, tak bisa dilalui kendaraan standar. Saat tiba di lokasi, telah ada dua orang Anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Dinsos Sikka, Benny Daga dan Yan.

“Kami hadir memantau di sini setelah mendapat informasi pagi tadi. Karena ini masih berpotensi ancaman, dan bisa terjadi sewaktu-waktu jika hujan, maka kami hanya memberikan beberapa petunjuk keselamatan,” kata Benny Daga kepada Berita Sikka.

Adapun pentunjuk keselamatan yang dijelaskan Benny dari TAGANA Sikka adalah:

  1. Segera amankan surat-surat penting dan barang berharga di dalam satu tas yang mudah dibawa, dan disimpan di tempat yang gampang dijangkau pada saat evakuasi.
  2. Para orang tua/manula, anak-anak, dan ibu hamil sebaiknya tidur di tempat yang berdekatan dengan pintu untuk evakuasi dalam kondisi siap evakuasi (pintu tidak dikunci).
  3. Tidur malam hendaknya jangan pulas (tidur-tidur ayam), agar segera bereaksi bila ancaman datang.

Tentang saran Bupati Sikka agar Kepala Desa Aibura menangani dahulu ancaman bencana itu, Kepala Desa Aibura Fransisko meminta bantuan Pemerintah Kabupaten. “Bapak Bupati, kami bisa urus hal ini. Tapi uang kami semester III belum direalisir,” aku Fransisko.

Bupati lalu meminta Asisten Pemerintahan Constantinus Tupen untuk segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menjawabi permintaan Kepala Desa Aibura tersebut.*** (even, jonathan, seles)




Tuliskan komen di Facebook

Bagikan Komentar anda ke Facebook

Lihat semua komentar

Tulis komentar anda


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jajak Pendapat

Apakah situs berita ini membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang kredibel?
  Sangat membantu
  Membantu
  Cukup membantu
  Kurang membantu
  Tidak membantu

Komentar Terbaru

  • Petrus Rasi

    Perlu diapresiasi oleh masyarakat Sikka karena bupati dan wakil yang terpilih lima tahun lalu ...

    Lihat Semua Artikel
  • Servasius Aliando

    Sukses bravo nian ...

    Lihat Semua Artikel
  • lewuk nathan

    Makasih atas pemberitaan ini. Semoga Nian tana maju berkat kerja sama, kerja keras dan kerja ...

    Lihat Semua Artikel
  • Rollys saputra

    Sya bangga dan senang suda mnjadi bgian dr alumni SMAK ALVAREZ meskipun sya tdk sampai tamat sya ...

    Lihat Semua Artikel

Video Terbaru

Lihat Semua Video